Blogroll

Mohon untuk info alumni kita ya...

Jumat, Januari 30, 2009

PEnghargaan Untuk Orang Gagal

Sekarang saya menghargai orang gagal di masa lalu.

Kenapa?
Ketika kita membalik lembar sejarah keperjuangan manusia untuk membuat dunia sebagai tempat yang lebih baik, saya menyadari orang yang gagal di masa lalu- kegagalan lebih bermakna kepada umat manusia dari pada kesuksesan yang banyak disinggung sejarah dunia.



Sekarang saya menghargai Socrates.
Saya melihat wajah kusutnya ketika ia berdiri di setiap akhir kegagalan, menunggu dengan mata sembab, saat-saat terkesan sebagai keabadian, sebelum ia minum secangkir cemara beracun yang dipaksakan oleh penyiksa.

Sekarang saya menghargai Christopher Colombus.
Saya melihat persis seperti seorang narapidana penjara. Itulah sebutan bagi yang berkorban mengarungi laut antah berantah yang belum ada di peta, untuk menemukan benua asing guna membuktikan dunia itu bulat.

Sekarang saya menghargai Thomas Piane.
Saya melihat orangyang dicari-cari Ingris dan dijatuhi hukuman mati karena menjadi penghasut Revolusi Amerika. Saya melihat di berbaring di penjara Prancis yang sangatkotor, ketika ia menunggu dengan tenang, di bawah bayang-bayang guillotine ( pemenggal kepala ). Ia rela mati untuk memperjuangkan hak asasi manusia.


Sekarang Saya mengahargai Mahatma Gandhi.
Saya melihat wajahnya sayu dan tubuh kerempeng ambruk ketika di tembak mati orang. Itulah hadiah yang ia terima sebagai imbalan atas perjuangan menegakkan hak asasi manusia.


Ya, saya sekarang menghargai semua orang yang gagal.
Sekarang dan di masa mendatang, saya salut kepada semua pahlawan yang berjuang.

Begitulah untuk menjadi orang yang gagal. Yang menghiasi perjalan sejarah, yang dijalani umat manusia, sebagi orang berani dan tegar menghadapi kritik. Sebagai orang yang berani gagal dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan yang adil dan beradab di atas kepentingan individudan prinsip di atas materi! Pada orang gagal inilah membuahkan harapan dunia

Tidak ada orang yang gagal yang dicatat dalam buku para orang yang ksatria, kecuali pengecut yang gagal dan takut mengulangi lagi.

Sekarang saya menghargai orang yang gagal.


////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////

0 komentar:

Posting Komentar

Boss-boss yang baik tolong dikomteri ya Tulisan aku ini
hehehehehe.....