Blogroll

Mohon untuk info alumni kita ya...

Kamis, Januari 22, 2009

Tips Menulis CV ( Curriculum Vitae )

Banyak hal yang harus kita pelajari dalam mencari pekerjaan, baik itu dalam segi mental, penampilan, dokumen-dokumen, dan kesehatan fisik kita. Sekarang saya mau memberikan beberapa tips dalam menyusun Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae. Daftar Riwayat Hidup ini merupakan salah satu dokumen penting yang menentukan di dalam mencari pekerjaan, jadi kita jangan anggap remeh. Ada beberapa hal penting dalam penulisan Daftar Riwayat Hidup ini, antara lain :


  • Letakan data pribadi lengkap anda di bagian atas seperti: Nama lengkap, alamat tempat tinggal, Jenis kelamin, tempat & tanggal lahir, Kewarganegaraan, No. Telpon, alamat email, dan profesi yang anda jalankan.

  • Setelah data pribadi anda, kita dapat menuliskan riwayat pendidikan formal kita secara lengkap, formatnya sama dengan diatas.
  • Selain pendidikan formal, tulislah riwayat pendidikan informal yang pernah anda ikuti seperti pelatihan atau training, berurut waktu terkini, lengkap dengan nama training, kurun waktu, provider trainingnya dan negara/tempat lokasinya.

  • Lengkapi daftar riwayat hidup anda dengan pengalaman organisasi yang pernah anda ikuti serta jabatan yang anda pegang. Tulis lengkap dengan priode yang anda ikuti.

  • Setelah itu, jika anda sudah pernah bekerja, tulislah prestasi/penghargaan anda yang paling tinggi selama anda kerja (kalau ada). Contoh, mungkin anda pernah terpilih menjadi top 10% karyawan terbaik, atau pernah menjadi top sales, atau penghargaan khusus lainnya yang pernah anda terima dari perusahaan tersebut. Dan urutkan dari waktu/penghargaan yang paling baru di letakkan paling atas. Demikian juga jika anda baru lulus sekolah atau kuliah, tulislah prestasi terbaik apa selama anda sekolah/study.

  • kemudian tulislah riwayat pekerjaan anda berdasarkan waktu terkini/terbaru diletakkan paling atas, lengkap dengan jabatan dan jobdesk singkat, kurun waktu dan perusahaan di kolom paling kanan.

Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan, hindari dan hilangkan kata-kata personifikasi dalam penulisan, yaitu saya, kami, anda, kita dst. Contoh ” “Saya teleh bekerja selama 8 tahun….” lebih baik ditulis “Telah bekerja semala 8 tahun….”

Selamat mencoba, semoga berhasil…

0 komentar:

Posting Komentar

Boss-boss yang baik tolong dikomteri ya Tulisan aku ini
hehehehehe.....