Blogroll

Mohon untuk info alumni kita ya...

Jumat, Desember 05, 2008

Yoga..., Berguna atau tidak?

Setelah MUI Malaysia mengeluarkan fatwa haram untuk yoga. Banyak para bloger mengulas tentang ini diblognya. Bukan nya saya mau membenarkan atau menyalahkan tentang Fatwa ini tetapi saya hanya mengulas tentang yoganya saja.

Istilah yoga berasal dari bahasa sansekerta yang kurang lebih artinya menyatu, bersatu, menjadi satu. Yoga menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa melalui suatu olah tubuh tertentu, pengaturan pernafasan, dan meditasi. Lebih dari itu, yoga berusaha mendekatkan pelakunya dengan Sang pencipta.

Latihan yoga memerlukan waktu yang lebih panjang bila dibandingkan dengan olah raga biasa. Yoga memerlukan lebih kurang dua sampai tiga jam dalam sekali latihan. Instruktur yoga akan mengarahkan peserta melakukan beberapa seri pose yoga. Ada banyak sebutan untuk pose yoga, hal itu terggantung dimana yoga diajarkan.

Beberapa istilah yang umum terdapat dalam yoga antara lain asana saat mengantur pose, dan pranayama saat mengatur pernafasan.

Manfaat yoga terutama untuk terapi fisik dan mental. Oleh karena itu yoga sering dilakukan oleh mereka yang ingin menenangkan fikiran sekaligus untuk melatih fisik. Yoga membantu seseorang untuk meningkatkan kelenturan tubuh, kekuatan otot dan tendon yang pada akhirnya akan mengurangi resiko cidera pada tubuh.

Yoga juga membantu menekan terjadinya penyakit. Beberapa penelitian menyebutkan dengan teratur beryoga, kemungkinan terjadinya sakit kepala, arthritis, stress, kecemasan, tekanan darah tinggi, asthma, multipel sklerosis, kelelahan kronis, epilepsi, diabetes dan lain lain dapat ditekan.

Latihan yoga tidak berguna untuk membakar lemak tubuh. Jadi bila anda ingin juga membakar lemak tubuh agar lebih langsing maka anda dapat mengkombinasikan yoga dengan latihan yang lain seperti jogging dan senam erobik.

Ada beberapa tipe yoga yang saat ini tersebar di seluruh dunia. Tipe yang paling sering dipelajari dan memang paling mudah dilakukan oleh pemula adalah Hatha Yoga. Tipe yoga ini lebih mementingkan ke bentuk bentuk pose yoga.

Jadi terserah anda menilai,yoga berguna atau tidak?

0 komentar:

Posting Komentar

Boss-boss yang baik tolong dikomteri ya Tulisan aku ini
hehehehehe.....